Kamis, 22 Januari 2009

Syukur Pangkal Bahagia

Apakah anda ingin hidup bahagia Banyak-banyaklah bersyukur kepada ALLAH SWT karena orang yang banyak bersyukur akan lebih bahagia hidupnya. Sudahkah kita menjadi hamba yang pandai bersyukur?

ALLAH berfirman yang artinya dan sedikit dari hambaku yang pandai bersyukur (Q.S Saba (34) : 13 ) apakah kita lebih banyak mengeluh atau bersyukur? semakin banyak keluhan, semakin sengsara hidup kita dan semakin banyak bersyukur semakin nikmat hidup kita.
Berapakali kita mengeluh dalam sehari dan berapa kali kita bersyukur dalam sehari?
ALLAH berfirman dan jika kalian bersyukur pasti akan aku tambahkan, dan jika kalian ku'fur sesungguhnya azabKu amat pedih ( Q.S Ibrahim (14) : 7 )

Ada beberapa trik agar kita menjadi hamba yang pandai bersyukur , antara lain :
  1. sekali-kali cobalah kita melihat kepada orang yang keadaannya dibwah kita. Ternyata masih banyak orang-orang yang dalam berbagai aspek , seperti kesehatan, pendidikan, kekayaan, keutuhan, kesempatan dan lain-lain, lebih rendah dari kita. Syukurilah kelebihan itu, tetapi hal tersebut tidak berarti kita tidak boleh menggantungkan cita-cita atau target setinggi langit. cari yang belum ada, syukuri yang sudah ada.
  2. Buatlah daftar anugrah ALLAH kepada kita mulai dari yang besar sampai yang kecil lalu kita coba untuk merenungkan dan mensyukurinya bahwa semua itu dari ALLAH. namum tentunya kita tidak dapat menghitung nikmat ALLAH. Hal ini hanya menyadarkan kita begitu banyak nikmat ALLAH yang belum kita syukuri. Dan kita introspeksi diri sudah seimbangkah nikmat yang banyak itu dengan ibadah kita?
  3. Ketika kita sedang menggunakan anugrah ALLAH, bayangkanlah bagaimana jadinya seandainya kita tidak memilikinya. maka anugrah tersebut bertambah nikmat. Contoh ketika kita sedang naik mobil atau motor kita, bayangkan betapa sengsara kita tidak memiliki kendaraan tersebut, ketika kita sedang melihat, bayangkan alangkah menderitanya ketika kita tidak bisa melihat, ketika kita sedang meminum air putih, bayangkan jika sudah tidak ada lagi air bersih. maka ini akan menambah kenikmatan kita dalam menikmati nikmat ALLAH.
Semoga dengan renungan tersebut, semakin tinggi rasa syukur kita kepada ALLAH.

Tidak ada komentar: